Senin, 22 Maret 2010

Menjahit: Hobi Yang Bermanfaat

Bila mendengar kata menjahit biasanya kita langsung menghubungkannya dengan menjahit baju, dan terbayanglah rumitnya membuat pola serta susahnya menyatukan jahitan. Padahal banyak barang di sekitar kita (selain baju, tentunya) yang dapat dengan mudah kita buat dengan pola sederhana dan dengan menggunakan jahitan tangan atau jahitan lurus menggunakan mesin jahit.
Contohnya lap tangan, taplak meja, tatakan gelas, tatakan piring, tutup galon, gorden, sarung bantal, dompet tissue, dompet kosmetik, tas, scarf, selendang, dan lain-lain.

Barang-barang yang saya sebutkan di atas dapat kita buat untuk mengisi waktu luang dan mengasah kreativitas kita, syukur-syukur bisa kita jual sehingga bisa menghasilkan uang, sehingga menjahit bisa menjadi hobi yang bermanfaat. Bagi para ibu rumah tangga, seperti halnya saya, daripada waktu luang kita habiskan untuk bergosip dan jalan-jalan di mal lebih baik sebagian dari waktu itu kita pakai untuk menjahit. Setelah jahitan selesai, sewaktu acara bergosip ria kita keluarkan hasil jahitan kita dan tawarkan pada teman-teman. Mudah-mudahan ada dari teman kita yang mau membeli hasil jahitan kita. Apabila belum berhasil menjual...., jangan putus asa, tawarkan pada saat arisan RT, arisan keluarga, acara reuni, dan banyak lagi kesempatan yang lain.
Yang terutama dibutuhkan adalah kemauan dan ACTION (tindakan), seperti dikatakan untuk melakukan 1000 langkah dimulai dari langkah pertama.

Jadi, ayo mulai menjahit dan berkarya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar